**Inovasi Pembelajaran IPAS di Kelas V: Siswa Mendesain Poster Organ Pencernaan dengan Metode Project-Based Learning (PJBL)**
**Lambanan, [10 Januari 2025]** – Proses pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) di kelas V SDN 022 Lambanan kali ini mengusung metode Project-Based Learning (PJBL) yang menarik perhatian. Dalam kegiatan pembelajaran terbaru ini, siswa ditugaskan untuk menciptakan poster tentang organ pencernaan manusia. Kegiatan yang berlangsung pada [sebutkan tanggal atau periode] ini tidak hanya mendidik, tetapi juga memberikan pengalaman praktis yang kaya bagi siswa.
Selama kegiatan berlangsung, para siswa bekerja dalam kelompok kecil. Mereka melakukan penelitian mengenai berbagai organ pencernaan, termasuk fungsi dan struktur masing-masing organ, serta pentingnya sistem pencernaan bagi tubuh manusia. Siswa terlihat antusias saat menggali informasi dari berbagai sumber, seperti buku, internet, dan referensi multimedia.
Proses kreativitas dimulai ketika siswa merancang poster. Dengan berbagai alat dan bahan, mereka berkolaborasi untuk menggambar dan menulis informasi penting mengenai organ-organ pencernaan, seperti mulut, lambung, usus halus, dan usus besar. Setiap kelompok menciptakan poster yang unik, mencerminkan pemahaman mereka serta kreativitas masing-masing anggota.
Salah satu siswa Nurul, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan. “Saya belajar banyak tentang organ pencernaan dan suka sekali menggambar poster bersama teman-teman. Kami berdiskusi dan saling membantu,” ungkapnya dengan antusias.
Di akhir kegiatan, setiap kelompok mempresentasikan poster yang telah mereka buat di depan kelas. Presentasi ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk berbagi pengetahuan yang telah mereka peroleh dan juga melatih keterampilan berbicara di depan umum. Arif Rahman, S.Pd., Gr. selaku guru pengampu, memberikan apresiasi kepada semua siswa atas kerja keras dan kreativitas mereka.
“Kegiatan ini bukan hanya tentang menghasilkan poster, tetapi juga tentang proses belajar yang melibatkan kerjasama, komunikasi, dan pemecahan masalah. Kami harapkan siswa dapat lebih memahami dan menghargai pentingnya organ pencernaan bagi kesehatan tubuh,” jelasnya.
Dengan menggunakan metode PJBL, siswa di kelas V SDN 022 Lambanan tidak hanya memperdalam pengetahuan tentang organ pencernaan, tetapi juga mendapatkan pengalaman berharga dalam berkolaborasi dan berinovasi. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal bagi siswa untuk terus aktif dalam belajar dan bereksplorasi dalam berbagai bidang.
**SDN 022 Lambanan**